Kriteria Pemimpin Negara yang Ideal



Sebelum kita membahas kriteria-kriteria pemimpin negara yang ideal,kita harus tahu apa itu kriteria dan apa sih itu pemimpin.?
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kriteria adalah ukuran yang menjadi dasar penilaian atau penetapan sesuatu. Sedangkan,
  • Pengertian pemimpin menurut KBBI adalah orang yang memimpin.

            Kriteria diperlukan untuk mewujudkan masa depan Indonesia lebih baik lagi, sekaligus yang dapat menjamin kebutuhan ekonomi maupun yang lainnya. Untuk mewujudkan negara yang sukses dan maju itu tergantung dari pemimpinnya. Bagaimana cara ia memimpin dan bagaimana cara ia mengatasi beberapa masalah yang terjadi,dan juga belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu.
Berikut kriteria pemimpin yang ideal menurut saya :

      1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kunci utama dari kriteria pemimpin haruslah Takwa kepada Tuhannya.Seorang pemimpin yang bertakwa pastinya dia dapat memimpin negara dengan baik.Apalagi untuk negara yang mayoritas beragama Islam.Sehingga pemimpin negara mampu menerapkan segala aturan yang sudah terkandung dalam Al-Qur’an. 

2. Menepati janji.
Seorang pemimpin juga harus mampu menepati janji mereka.Pada saat kampanye berlangsung banyak para calon pemimpin memberikan janji-janji jika dia terpilih.Saat dia sudah terpilih menjadi seorang pemimpin,pasti dia akan berusaha untuk memenuhi janjinya. Meskipun di akhir jabatan belum terlaksana semua,setidaknya dia sudah berusaha.

3.  Peduli terhadap pendidikan bangsa.
Sebagaimana tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia”.Maka pemimpin Indonesia haruslah dia yang peduli akan pendidikan-pendidikan rakyatnya.Terutama yang berada di pedalaman.

4. Peduli terhadap pengangguran.
Masalah yang cukup besar bagi Indonesia yaitu masalah pengangguran.Pada saat ini banyak sekali pengangguran,baik dari yang tidak berpendidikan hingga yang berpendidikan tinggi seperti S1.Pemimpin negara haruslah mengatasi masalah ini dengan membuka berbagai  lowongan pekerjaan,dan juga jangan terlalu mengedepankan warga negara asing agar dapat bekerja di Indonesia.Seharusnya seorang pemimpin harus memikirkan rakyatnya baru warga negara lain.

5. Peduli tehadap lingkungan.
Lingkungan yang kotor.Ya... kita bangsa Indonesia menjadi negara penghasil sampah terbanyak di dunia setelah negara China.Maka seorang pemimpin haruslah segera bertindak mengatasi masalah ini.Bukan hanya sampah,ada beberapa kasus perusakan lingkungan yang lain seperti penebangan liar,ilegal fishing,bahkan kebakaran hutan.Seorang pemimpin harus tegas dalam memberikan hukuman bagi orang-orang yang merusak lingkungan.

6. Mampu membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri.
Menurut saya bangsa Indonesia masih banyak bergantung negara lain.Ini dilihat dari banyaknya barang Import di negara kita.Contohnya kebutuhan yang sangat pokok yaitu beras.Bangsa Indonesia masih mengimport beras,padahal jelas-jelas Indonesia merupakan negara agraris.Pemimpin negara harus bisa menjadikan negara sebagai negara yang mandiri.

7. Bekerja keras dan bertanggung jawab.
Seorang pemimpin harus bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang dilakukan.Menjadi pemimpin haruslah cekatan dalam mengerjakan sesuatu dan mengambil keputusan,dan juga harus tanggap terhadap berbagai persoalan yang terjadi.

8.   Mengerti akan sejarah bangsa.
Jika seorang pemimpin sudah paham akan sejarah bangsanya,seperti kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi.Maka akan sangat mudah seseorang itu memimpin negara dan mewujudkan negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.
  • KESIMPULAN
Jadi menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah.Pemimpin harus bisa bertanggung jawab,amanah,jujur,bekerja keras dan lain sebagainya.Memilih pemimpin haruslah mempertimbangkan berbagai aspek,jangan memilih pemimpin karna harta atau bahkan rupanya.Kita memilih pemimpin berarti kita juga ikut berpartisipasi dalam menentukan nasib negara kita kedepannya.


Itulah beberapa kriteria pemimpin negara yang baik menurut saya.Semoga di kedepannya kita bisa medapatkan seorang presiden yang mampu membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik.



referensi : 
KBBI (kamus besar bahasa indonesia)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika dan tantangan penegak hukum berkeadilan di indonesia

Mengatasi Gangguan Terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa